Analisis Pengaruh Variasi Sprocket Gear Terhadap Daya dan Torsi pada Sepeda Listrik

Authors

  • Aditya Muhammad Saputra
  • Indah Puspitasari
  • Deni Nur Fauzi

Keywords:

Sprocket Gear, Motor Listrik, Daya, Torsi, RPM, Dynotest

Abstract

Saat ini banyak orang telah memikirkan cara untuk mencari energi alternatif yang ramah lingkungan untuk mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian bahan bakar bensin yang mulai menipis. Sepeda listrik menjadi salah satu opsi teknologi alternatif yang dapat mengurangi pemakaian bahan bakar bensin. Sepeda listrik dilengkapi dengan sistem transmisi/pemindah tenaga sebagai pengantar output motor listrik ke roda belakang melalui rantai dan sprocket gear. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sprocket gear terhadap daya dan torsi sepeda listrik serta meningkatkan performa motor listrik agar lebih optimal dengan menggunakan tiga variasi sprocket gear yaitu 14-32 T, 14-36 T dan 14-40 T menggunakan metode pengambilan data melalui uji dynotest. Hasil pengujian sprocket gear 32 T, 36 T, dan 40 T menghasilkan peningkatan daya dan torsi yang paling optimal pada sprocket gear 36 T dengan daya maksimum sebesar 1.42 Hp dan torsi maksimum sebesar 40.01 N.m. Hal tersebut dikarenakan nilai gear raiso yang cukup besar yaitu 0.38 sehingga mampu menghasilkan daya dan torsi yang cukup besar dan stabil pada RPM rendah hingga RPM tinggi

References

Alhamdie, A. (2021). Rancang Bangun Sepeda Dengan Motor Dc 350 W. Jmio: Jurnal Mesin Industri Dan Otomotif, 2(1), 7–10. Https://Doi.Org/10.46365/Jmio.V2i01.403

Tibor, B., Fedak, V., & Durovský, F. (2011, June). Modeling And Simulation Of The Bldc Motor In Matlab Gui. In 2011 Ieee International Symposium On Industrial Electronics (Pp. 1403-1407). Ieee.

Yulianta, A. D., & Hadi, S. P. (2015). Pengendalian Kecepatan Motor Brushless Dc (Bldc) Menggunakan Metode Logika Fuzzy. 8(1).

Alexandra, Debora. (2015). Pengaruh Penggantian Variasi Rasio Final Drive Terhadap Daya Dan Torsi Pada Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z. 97.

Farid Afrian, M., Budiyono, B., & Prasetyo, I. (2021). Pengaruh Variasi Ukuran Sprocket Gear Pada Sepeda Motor Yamaha Byson Terhadap Daya Dan Torsi.Surya Teknika, 38–47. Https://Doi.Org/10.48144/Suryateknika.V5i2.1335

Downloads

Published

2025-08-26

How to Cite

Aditya Muhammad Saputra, Indah Puspitasari, & Deni Nur Fauzi. (2025). Analisis Pengaruh Variasi Sprocket Gear Terhadap Daya dan Torsi pada Sepeda Listrik. JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering), 9(2), 11–15. Retrieved from https://journal.pnm.ac.id/index.php/jeecae/article/view/770