JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) https://journal.pnm.ac.id/index.php/jeecae <p>Journal of Electrical, Electronic, Control, and Automotive Engineering (JEECAE) is a periodical scientific journal containing the work of researchers, lecturers, and practitioners on the study of the power system in electrical engineering, electronics and control engineering, mechanical engineering and automotive. The journal is published by the engineering department of State Polytechnic of Madiun (PNM) with the aim of collecting the innovative works from authors, publish new ideas and innovation. The discussion on JEECAE focuses on the analysis, implementation, and development of engineering science that benefits society.</p> en-US jeecae@pnm.ac.id (JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering)) jeecae@pnm.ac.id (Alfi Tranggono Agus Salim) Sun, 25 Jun 2023 12:21:31 +0800 OJS 3.3.0.8 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Prototype Monitoring Kelayakan Tower Base Transceiver Station (BTS) Berbasis Android https://journal.pnm.ac.id/index.php/jeecae/article/view/496 <p>Tower Base Transceiver Station (BTS) adalah fasilitas telekomunikasi yang berperan penting dalam menyediakan komunikasi nirkabel antara perangkat komunikasi (klien) dan jaringan operator. Biasanya, BTS dibangun di daerah pemukiman yang padat untuk memastikan distribusi sinyal telekomunikasi yang efektif. Namun, mengingat lokasinya yang berada di daerah padat penduduk, perawatan tower BTS menjadi sangat penting. Tujuan dari perawatan ini adalah untuk memastikan tower BTS dapat beroperasi secara optimal dan mengurangi risiko keruntuhan. Dalam pengembangan prototipe, beberapa komponen digunakan, seperti sensor MPU-6050, layar LCDNodeMCU ESP8266 dan Arduino Uno. Sensor MPU-6050 digunakan untuk mendeteksi kemiringan sudut sebuah tower BTS. Setelah melakukan 10 pengujian sudut pitch dan roll, sistem prototype kelayakan BTS menghasilkan rerata kesalahan sebesar 1,077 sudut derajat untuk sudut pitch dan 1,703 sudut derajat untuk sudut roll. Meskipun terdapat kesalahan, hasil tersebut masih dianggap valid dalam memonitoring kemiringan tower BTS. Namun, dalam pengujian pengiriman data ke aplikasi Android pada prototype, terdapat keterlambatan antara NodeMCU dan aplikasi Android. Sensor MPU-6050 menghasilkan data dengan resolusi hingga mikrodetik, sehingga membutuhkan koneksi internet yang cepat untuk mengirimkan data tersebut.</p> Sam Benyamin, Yandhika Surya Akbar Gumilang, Nachrowie Nachrowie, Wahyu Dirgantara Copyright (c) 2023 JEECAE (Journal of Electrical, Electronics, Control, and Automotive Engineering) https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.pnm.ac.id/index.php/jeecae/article/view/496 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0800 Rolling Stock Door Control Unit (Dcu) Berbasis Programmable Logic Controller (Plc) Dengan Kendali PID https://journal.pnm.ac.id/index.php/jeecae/article/view/566 <p>Saat ini, sistem pengaturan pintu kereta yang digunakan belum menggunakan kendali kecepatan dengan sistem close loop. Kecepatan pintu diatur secara manual untuk mencapai kecepatan yang seragam pada setiap pintu. Namun, skripsi berjudul "Rancang Bangun Rolling Stock Door Control Unit (DCU) Berbasis Programmable Logic Controller (PLC)" mengusulkan pengembangan produk Door Control Unit (DCU) yang bertujuan untuk mengatur kondisi pintu pada kereta dan mengontrol kecepatan buka-tutup pintu menggunakan metode kendali PWM Duty Cycle dan sistem close loop berbasis kendali PID.Sistem DCU ini menggunakan perangkat berbasis Programmable Logic Controller (PLC) yang memungkinkan komunikasi dengan PLC lain melalui jalur komunikasi RS485 dengan protokol Modbus RTU sebagai master dan slave. Hal ini memungkinkan sistem DCU dapat dikombinasikan dengan perangkat kendali lain untuk meningkatkan fungsionalitas dan efisiensi kerja.</p> <p>&nbsp;Dalam penelitian ini, digunakan metode kendali PID Ziegler-Nichol tipe 1 dengan parameter Kp = 2,4, Ki = 12, dan Kd = 0,12. Hasil pengujian menunjukkan karakteristik sistem dengan waktu tunda sebesar 0,2 detik, waktu naik pintu selama 0,1 detik, waktu tutup pintu selama 0,8 detik, overshoot sebesar 28,75%, dan error waktu tutup sebesar 1%.</p> Sulfan Bagus Setyawan, Muhammad Rifqi Agung Priandwika, Wahyu Pribadi, R. Akbar Nur Apriyanto, Wida Yuliar Rezika, Achmad Aminudin Copyright (c) 2023 https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.pnm.ac.id/index.php/jeecae/article/view/566 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0800