Consumer Perspectives on Digital Banking Solutions: Analyzing the Implementation of Digital Savings at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)

Authors

  • Eva Mirza Syafitri Politeknik Negeri Madiun
  • Subiyantoro Subiyantoro Politeknik Negeri Madiun
  • Aminudin Azis Politeknik Negeri Madiun
  • Ina Syarifah Politeknik Negeri Madiun

DOI:

https://doi.org/10.32486/epicheirisi.v8i1.801

Keywords:

perception, information system, digital saving

Abstract

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. has introduced an innovative service, enabling customers to open savings accounts digitally, accessible anytime and anywhere without the need to visit the bank. The advent of this digital account opening system aims to enhance customer convenience through digital savings services. This study aims to assess customer perceptions regarding the quality of the product, service quality, emotional satisfaction, pricing, and costs associated with the digital savings account opening system at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. KC Madun Unit Nglames. The research employs a descriptive quantitative methodology. Data sources include primary data from questionnaires completed by 35 respondents and secondary data from documentation on digital savings usage. The data are analyzed and discussed in relation to the theoretical framework, leading to a conclusion. The findings indicate that the digital savings account system is reasonably effective for account opening at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Madiun Branch Unit Nglames.

References

Asmara, Rini. 2016. Sistem Informasi Pengolahan Data Penanggulangan Bencana Pada Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KabupatenPadang Pariaman. Jurnal J-Click. 3(2)

Bank Rakyat Indonesia. 2023. Buka Rekening BRI di https://bukarekening.bri.co.id/digital- saving/ (akses 08 Maret 2023)

Dewi dan Sudaryanto. 2020. Validitas dan Reliabilitas Kuisioner Pengetahuan, Sikapdan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah. Dalam: Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta

Frisdayanti, Alfriza. 2019. Peranan Brainware Dalam Sistem Informasi Manajemen.

Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Sistem Informasi. 1(1)

Hasdani, dkk. 2021. Persepsi Kemudahan Penggunaan Aplikasi Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online pada Users di Kabupaten Bungo. JurnalManajemen Sains. 1(3)

Hermuningsih dan Wardani. 2016. Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Simulasi Online Trading di Bursa Efek Indonesia di Fakultas Ekonomi Yogyakarta.Jurnal Ekonomi Bisnis. 17(2)

Juliyanto dan Parjito. 2021. Rekayasa Aplikasi Manajemen E-Filling Dokumen SuratPada PT ALP (Atosim Lampung Pelayaran). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi. 2(1)

Mulyanti dan Fachrurozi. 2016. Analisis Sikap dan Perilaku Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Program Bank Sampah (Studi Kasus Masyarakat Keluraha nBahagia Bekasi Utara). Jurnal Ilmiah Ekonom Manajemen danKewirausahaan”Optimal”.

Putra, Erik Ade. 2015. Anak Berkesulitan Belajar Di Sekolah Dasar Se-Kelurahan Kalumbuk Padang (Penelitian Deskriptif Kuantitatif). Jurnal IlmiahPendidikan Khusus. 4(3)

Rahayu, dkk. 2018. Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. Journal of Information Systems.1(1)

Rusdianto, Hutomo. 2016. Pengaruh Produk Bank Syariah Terhadap Minat Menabung Dengan Persepsi Masyarakat Sebagai Variabel Moderating DiPati. Jurnal Ekonomi Syariah. 4(1)

Silaswara dan Kusnawan. 2022. Analisis Persepsi Masyarakat terhadap Penggunaan Aplikasi Pinjaman Online. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 20(3).

Sugiyono, 2021. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Widhiarso. Wahyu. 2010. Pengembangan Skala Psikologi: Lima Kategori Responsataukah Empat Kategori Respons?. Fakultas Psikologi UGM. 1-5

Wiryaningtyas, Dwi Perwitasari. 2019. Pengaruh Keputusan Nasabah Dalam Pengambilan Kredit pada Bank Kredit Desa Kabupaten. Jurnal Ekonomi danBisnis. 14(2)

Downloads

Published

15-05-2024

How to Cite

Syafitri, E. M., Subiyantoro, S., Azis, A., & Syarifah, I. (2024). Consumer Perspectives on Digital Banking Solutions: Analyzing the Implementation of Digital Savings at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero). Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran Dan Kesekretariatan, 8(1), 20–24. https://doi.org/10.32486/epicheirisi.v8i1.801

Issue

Section

Articles